Kamis, 10 November 2011

...Bantuan Kebakaran Dibagikan, Pedagang Dapat Sembako...



RINGANKAN BEBAN: Korban kebakaran antre menerima bantuan di Posko Kebakaran, Gedung TP PKK Kecamatan Melak, Rabu (9/11).
SENDAWAR – Bantuan bagi korban kebakaran  sebesar Rp 735 juta yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kubar Ismail Thomas pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-12 Kubar, Sabtu (5/11),   dibagikan kepada seluruh korban. Pembagian  baru bisa dilakukan pada Rabu (9/11) kemarin di posko kebakaran,  gedung TP PKK Melak Jalan Gajah Mada.
Dana itu dibagikan kepada 188 kepala keluarga yang memiliki 57 rumah pribadi, 100 rumah sewaan, dan 31 penghuni  rumah kontrakan. Mereka tergabung dari RT 1, 3, 4 dan 6 Kelurahan Melak Ulu dan RT 10 Kelurahan Melak Ilir.
Camat Melak Rakhmat mengatakan, warga  menerima ganti rugi secara  bervariasi. Pemilik rumah pribadi diberikan  Rp 6 juta,  dan  rumah sewaan Rp 3 juta.
Bagi pedagang yang tidak memiliki rumah atau tidak memiliki sewaan rumah yang jumlahnya berkisar 515 pedagang,  diberikan petak pasar di pasar sementara di RT 30 Pelan, Kelurahan Melak Ulu.
Dalam beberapa beberapa hari mendatang,  petak pasar sementara sudah selesai. “Jadi pedagang sudah bisa menempati petak pasar untuk kembali berjualan,” kata Rakhmat, saat mengawasi pembagian bantuan,   disaksikan Lurah Melak Ulu Jabaruddin SPd, Lurah Melak Ilir Rustam, Ketua RT dari kelima RT Kelurahan Melak Ulu dan Melak Ilir, serta kepolisian dan Koramil Melak di Posko Kebakaran. Tak hanya dapat petak di pasar sementara,  pedagang juga nantinya akan diberikan petak yang sama ketika Pasar Olah Bebaya Melak yang ludes terbakar pada Jumat malam (14/10), sudah dibangun kembali.
Rakhmat menjelaskan, hasil keputusan pembagian dana untuk rumah pribadi, pemilik sewaan dan rumah sewaan eks kebakaran tersebut, bukan hasil dari tim kecamatan semata. Tetapi juga  hasil rapat koordinasi Tim Kabupaten Kubar dan tim di Kantor Bupati, pada Jum’at (4/11).
Bantuan dana Rp 735 juta itu terdiri Rp 250 juta bantuan pribadi bupati, Rp 485 juta tergabung dari dana yang diperoleh Posko Kebakaran Kecamatan Melak, Posko Pemkab, dan bantuan dari Bina Sosial Sekretariat Kabupaten.
Ditambahkan Muzakir, koordinator distribusi sembako eks kebakaran dari Kantor Kecamatan Melak meski pedagang tidak mendapatkan bantuan dana, tapi diberikan bantuan paket sembako. Antara lain beras, minyak makan, mie, dan lainnya. Bantuan sembako yang diberikan bukan per KK melainkan paket. Totalnya 603 paket yang diberikan selama tiga kali. Tahap pertama diberikan Kamis (20/10), kedua Selasa (25/10), dan terakhir Senin (31/10).
Selanjutnya untuk warga memiliki petak pasar diberikan juga pembagian paket sembako masing-masing 469 paket melalui dua tahap. Tahap pertama 23 Oktober 2011, dan tahap kedua 2 November 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar