Senin, 07 November 2011

Komentar Beberapa Tokoh tentang Pembangunan Kubar...

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Kubar merupakan momentum yang sangat tepat bagi Pemkab Kubar untuk melakukan introspeksi dan retrospeksi terhadap kinerja yang telah di lakukan selama ini. Sudah sejauhmana Pemkab mampu mengemban amanah yang dipercayakan masyarakat Kubar. Lantas apa harapan masyarakat kepada Pemkab Kubar ke depannya?
Ketua DPD Partai Amanat Nasional Kubar H M Abdul Malik SSos MH mengatakan, pada usia ke-12 sudah banyak kemajuan-kemajuan yang dicapai Kubar dan hal ini patut disyukuri. Untuk yang telah lalu katanya, bisa menjadikan bahan evaluasi dan perbaikan-perbaikan ke depan. “Hal ini sudah menjadi komitmen pemerintah untuk memperluas jangkuan dalam pembangunan, pemerataan dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.
Ia juga menambahkan, terkait dengan motto dulunya daerah kota beradat sekarang diperluas menjadi kabupaten. Hal ini mengandung filosofi, bahwa pembangunan tidak hanya dipusatkan di ibukota saja. Tapi semakin menjangkau ke pelosok kampung-kampung atau daerah yang terpinggirkan. ”Mari sama-sama menata daerah kita ini dan selalu berpikir positif. Apa yang terbaik dimiliki, kita berikan untuk daerah ini. Demi kita, anak dan cucu kita,”pintanya.
Terpisah, tokoh pemuda Kubar Edy Akhmadi berharap, pada peringatan HUT Kubar, visi dan misi Pemkab yang harus dipahami oleh masyarakat. Dengan paham tentang visi dan misi itu, akan mempercepat proses kesejahteraan yang dicanangkan Pemkab. Karena saat ini alokasi anggaran Pemkab untuk meningkatkan taraf hidup kesejahteraan rakyat, cukup terbuka. Seperti pemberian bantuan lewat sarana koperasi, usaha kecil menengah, pembangunan bantuan Alokasi Dana Kampung (ADK) dan Usaha Bersama Kampung (UBK).
“Kini tinggal dari personel rakyat itu sendiri. Artinya jangan sampai usaha yang maksimal yang diberikan Pemkab Kubar disalahgunakan. Jadi hal ini bisa dikaver sebaik mungkin sesuai visi dan misi Kubar,”ujar Edy Akhmadi yang juga anggota DPRD Kubar Komisi C Bidang Kesejahteraan Rakyat.
Sementara Ketua Dewan Presedium Adat Kubar Yustinus Dullah mengatakan, HUT kali ini jangan hanya sebagai peringatan, melainkan harus menjadi awal evaluasi atau hasil kegiatan Pemkab terhadap pembangunan di Kubar. “Dalam pembangunan selama 12 tahun, saya lihat sangat pesat. Misalkan, sarana prasarana perkantoran, jalan-jalan dan lainnya,” ujarnya.
Sementara untuk adat dan budaya, pemerintah juga memperhatikan dan punya toleransi sangat tinggi. Pihaknya selaku orang tua Kubar yakni, Ketua Dewan Presedium Adat juga berusaha mengatur dan mengembangkan adat dan budaya Kubar.  “Harapan kita untuk pembangunan ke depan, bisa lebih ditingkatkan lagi dan lebih efisen. Sehingga apa yang menjadi harapan pemerintah maupun masyarakat adat bisa terwujud, tidak hanya cerita belaka,”pintanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar