Jumat, 11 November 2011

...Semangat Kepahlawanan Mampu Atasi Masalah Sosial...

Upacara Hari Pahlawan 10 November 2011, kemarin digelar di lapangan Kantor Bupati Kubar. Sebagai Irup Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kubar Aminuddin yang membacakan sambutan Bupati Kubar Ismail Thomas serta sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia Salim Segaf Al Jufri.
Dalam sambutan tertulisnya, bupati mengakui, tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan cita-cita para pejuang untuk menegakkan kemerdekaan di masa kini juga masih dirasakan cukup berat. Itu tak kalah hebatnya dengan perjuangan yang pernah dilakukan para pejuang saat melawan penjajah.
“Perjuangan untuk mengisi kemerdekaan ini, menjadi tugas dan tanggung jawab kita, bahu membahu, dilandasi pengorbanan dan gotong royong (sempekat sempawaat), sebuah semangat yang telah diwariskan para pendahulu,” katanya.
Bupati menjelaskan, Hari Pahlawan dapat menjadi momentum membentuk karakter bangsa yang peduli terhadap berbagai persoalan sosial yang ada di sekitarnya, demi mencapai kemajuan daerah dan negeri. Ini sesuai dengan tema Hari Pahlawan tahun ini, yaitu Dengan Semangat Kepahlawanan Kita Bangun Karakter Bangsa.
Berbekal semangat kepahlawanan dan wawasan kebangsaan tersebut, Bupati mengajak, seluruh elemen bangsa berperan aktif memberikan kontribusi sesuai bidang tugas masing-masing bagi masyarakat dan bangsa. Senada, Mensos Salim mengatakan, peringatan Hari Pahlawan berawal dari pertempuran heroik di Kota Surabaya, pada 10 November 1945 silam yang penuh pengorbanan raga, harta dalam merebut dan mempertahankan RI.
“Hari Pahlawan dilaksanakan untuk menumbuhkan nilai sosial kepahlawanan dalam mengimplementasikan dan mendayagunakannya dalam mengatasi berbagai masalah bangsa. Seperti kemiskinan, pengangguran, ketelantaran, ketunaan sosial, korban bencana dan masalah sosial lainnya,” tuturnya. Upacara kemarin berjalan khidmat, diikuti sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kubar, pejabat Satuan kerja Perangkat Daerah Kubar serta ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di lingkungan Pemkab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar