Rabu, 09 Januari 2013

DIPA 2013 KuBar Rp 1,5 Triliun


 
Rabu, 9 Januari 2013 -
|
Kaltim
Post
 
SENDAWAR - Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kubar 2013 dipatok sebesar Rp 1,5 triliun. Ini setelah mendapat kroscek DIPA Kubar oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dan telah diserahkan kembali ke Pemkab Kubar, Senin (17/12). Aplus bagi anggaran Kubar, sesuai program pembangunan yang ditetapkan pemerintah pusat.
Hal ini dikatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kubar Finsen Allotondang, baru-baru ini. “Kami tidak kaget dengan jumlah tersebut (Rp1,5 triliun,Red), karena beberapa waktu sebelum menerima DIPA, Pemkab Kubar telah menerima informasi dari pemerintah pusat akan mendapatkan alokasi dana sebesar itu,” ungkap mantan sekretaris Bappeda periode 2006-2011.
Besaran nilai DIPA tersebut dijelaskannya, merupakan hasil perjuangan Pemkab Kubar ke pusat dalam mendapatkan anggaran tersebut. Kebetulan program pemerintah pusat pada tahun anggaran 2013 lebih banyak kepada peningkatan ekonomi masyarakat, pendidikan dan kesehatan. “Kebetulan juga program pembangunan di Kubar setiap tahun mengarah kepada ketiga hal itu. Walaupun ada lima program yang ditetapkan pemerintah pusat pada tahun anggaran 2013,” katanya.
Lantas ketika program pemerintah pusat selaras dengan program Pemkab Kubar, ternyata tidak mengalami kesulitan dalam mensinkronkan programnya. Kemudiann langsung disetujui oleh pemerintah pusat. Ditambahkannya, dana yang diberikan ke Pemkab Kubar nantinya digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur pendidikan, kesehatan serta membangunan masyarakat kecil dalam mendapatkan dana UKM yang bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat kecil.
Sekretaris Kabupaten Kubar Aminuddin mengatakan, dana yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui APBN nantinya dipergunakan untuk pembiayaan, sektor pertanian, jalan, bangunan serta perekonomian masyarakat juga pendidikan kesehatan. “Memang dana  berasal dari pemerintah pusat namun dialokasikan melalui pemerintah provinsi,” katanya.
Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kubar HM Zainuddin Thaib mengatakan, Kubar pada anggaran 2013 mendapatkan alokasi Dana Alokasi Khusus (DAU) sebesar Rp559 miliar yang dipergunakan untuk belanja tidak langsung dan gaji pegawai. Ditambah lagi, sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 104 miliar. Dana ini dipergunakan untuk membiayai program farmasi, irigasi, peningkatan sarana air minum, lingkungan hidup, kehutanan, keluarga berencana dan pembangunan sarana prasarana masyarakat.
Di samping itu Pemkab Kubar yang kebetulan daerahnya yang berada di perbatasan Indonesia  Malaysia, juga mendapatkan alokasi dana perbatasan sebesar Rp 12 miliar. Dana ini akan dipergunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur jalan dan subsidi ongkos angkut barang ke perbatasan. (hms12/waz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar