Kamis, 27 Oktober 2011

DWP Kubar Ikut Lomba Masak Tingkat ASEAN di Bali Andalkan Iga Bromot Teniq

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kubar akan mengikuti lomba makanan dan minuman tingkat ASEAN dalam pameran Pangan Nusa ke-6 di Bali, 1-5 November 2011. Kegiatan ini  diselenggarakan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.
Kegiatan ini bagian dari ASEAN Fair dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN dan East Asia Summit. Agendanya menampilkan produk-produk kreatif seperti budaya, kerajinan, hingga pangan citarasa nusantara.
Kepala Bidang Sosial Budaya DWP Kubar Rita Erni Yulius Gun didampingi Kepala Bidang Ekonomi Lilik Hermanuddin menjelaskan, DWP akan menyertakan masakan untuk 3 jenis lomba, yaitu lomba lauk-pauk, kue, dan minuman selamat datang.
Dalam kategori lomba lauk-pauk, DWP akan menyajikan menu iga bromot teniq, berbahan dasar daging dan jaung, lalu masakan ikan baung lunak unik yang berbumbu sambal terong asam. Kemudian menu kacang-kacangan dengan nama tunu tempe Sendawar berisi campuran sambal dan jaung.
Sedangkan kategori kue menampilkan menu pudding buah naga fla jagaq.  Untuk menu kategori minuman selamat datang DWP menyajikan serbat bromot yaitu minuman yang berbahan bawang bromot.
“Mungkin ada yang belum terbiasa dengan minuman dari bawang, tetapi ini rasanya manis dan bisa dibuat panas dan dingin. Lebih dari itu, bawang bromot berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit,” terangnya.
Peserta yang akan dikirim, katanya adalah anggota DWP yang telah menjuarai lomba memasak anggota DWP tingkat kabupaten beberapa waktu lalu. “Mereka akan dipimpin ketua rombongan Ice Lastry Marthan,” katanya.
Selain mengikuti lomba, DWP juga merencanakan agenda lain, yaitu promosi bahan pangan dan herbal khas Kubar dengan menggunakan stan Dinas Perindustrian Perdagangan Kaltim yang ikut pameran. Promosi bahan pangan itu antara lain mulai jenis herbal seperti sarang semut dan pasak bumi serta kayu sepang hingga pakis hati, jelore, kerupuk belida, kerupuk tepung, ikan asin air tawar, serta salai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar