Kamis, 27 Oktober 2011

Wabup Lepas 103 Calhaj Kubar “Jaga Kekompakan”

Sebanyak 103 jemaaah calon haji (calhaj) Kubar dilepas Wakil Bupati (Wabup) Kubar Didik Effendi, di Auditorium Aji Tulur Jejangkat Kantor Bupati Kubar, Rabu (26/1) kemarin. Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wabup Didik Effendi, Bupati Kubar Ismail Thomas berharap para calhaj memperbanyak doa serta bisa menjaga kesehatan selama perjalanan maupun selama menunaikan ibadah haji. Setelah selesai menunaikan ibadah haji dia harapkan semua calhaj menjadi haji mabrur.
“Dengan begitu harus ada peningkatan kualitas iman yang berdampak pada sikap dan tindakan yang tulus. Serta terlibat dalam masalah-masalah sosial dan pembangunan, yang berdampak pada sikap berpihak kepada kaum lemah serta kepada realitas sosial keragaman etnik budaya di Kubar,” kata Bupati.
Sikap dan tindakan seperti ini, kata dia, harus terus dibangun dan ditingkatkan untuk mendukung cita-cita pembangunan, yaitu mewujudkan Kubar yang masyarakatnya semakin cerdas, sehat produktif, dan sejahtera berbasiskan ekonomi kerakyatan.
Bupati juga menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh calhaj. Pertama manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya dengan memperbanyak membaca talbiyah, takbir, dan amalan-amalan sunah serta memperbanyak waktu berdoa khusus di tempat-tempat mustahabah. Kedua menjaga kekompakan sesama anggota calhaj.
Ketiga, kendalikanlah emosi diri dengan menghindari pertengkaran dan percekcokan sesama calhaj. Kemudian keempat, dengar dan patuhi perintah, serta lakukan koordinasi dengan petugas kloter Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD), ketua rombongan dan ketua regu.
Kelima, kalau ada permasalahan yang dihadapi calhaj, cepat dilaporkan agar dapat dicari jalan keluarnya. Keenam, kalau pergi keluar jangan lakukan seorang diri. Ketujuh jagalah stamina dengan baik, dan kedelapan waspadai barang-barang dan surat-surat berharga, jangan sampai hilang atau tertinggal. Wabup Didik Effendi menambah, kepada ketua regu maupun ketua rombongan agar benar-benar menjaga dan memperhatikan keselamatan para calhaj.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar