Kamis, 16 Juni 2011

"...Bupati Lepas Kontingen ke Penas XIII..."

Pekan Nasional (Penas) XIII KTNA di Kutai Kartanegara dapat dijadikan wahana bertukar informasi, mengingat banyak daerah lain yang lebih maju. Ikuti dengan baik teknologi pertanian, sebagai ajang promosi dan komitmen dengan berbagai daerah sampai ke mancanegara.
Begitulah pesan Bupati Kubar Ismail Thomas SH MSi pada pelepasan kontingen Kubar ke Penas Kontak Tani Nelayan Andalan di Auditorium Tulur Aji Jangkat Kantor Bupati, Selasa (14/6).
“Pembangunan ke depan menitik beratkan pada bidang pertanian dan koperasi, sebagai tiang utama pembangunan ekonomi kerakyatan,” katanya. Ia berharap,  bidang ini dapat menjadi soko guru atau tiang utama pembangunan ekonomi kerakyatan. Menjadi pendukung utama visi Kubar, membangun kubar yang semakin sejahtera, cerdas, sehat, dan produktif berbasiskan ekonomi kerakyatan . “Bukan sekedar visi, tapi bagaimana dapat menjabarkannya dalam pembangunan yang riil,” tegas Bupati.
Oleh sebab itu, salah satu yang musti dilakukan  ialah  mengefisienkan dan mengefektifkan misi dan program Kubar agar  bermanfaat bagi masyarakat, dan berdaya guna bagi kelompok itu sendiri maupun secara keseluruhan masyarakat.
Ketua Kontingen Jhon Tawi mengatakan, kontingen Kubar yang beranggotan 150 orang ini terdiri dari 90 persen petani dan 10 persen pendamping, penyuluhan pertanian lapangan dan pegawai struktural dari dinas.
Kubar menampilkan hasil alam andalan  yaitu getah karet yang ada pasar secara terbuka, pameran ikan, buah naga, sawit, dan hasil alam lainnya. Pakaian adat Dayak, adat budaya prototipe lamin adat, tempat wisata alam. Untuk bidang koperasi yang ditampilkan, seperti kerajinan ulat doyo, anjat, kerupuk blida, dan ikan asin.
Dengan mengikuti kegiatan ini, dapat menimba pengalaman di bidang pertanian secara umum, sehingga tidak sia-sia. Sementara itu, Wakil Ketua Kontingen Semion mengatakan kontingen berangkat Selasa  sebab akan ada pengarahan program dan persiapan mengikuti lomba. Meskipun pada Penas ini Kubar tidak mengikuti perlombaan, lebih kepada pameran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar