Minggu, 21 Agustus 2011

19 Rumah Hangus, Jalan Jembatan Putus Kebakaran di Muara Pahu, Kubar...

Kebakaran meludeskan 19 rumah di RT 2 Kampung Teluk Tempudau, Kecamatan Muara Pahu, Kubar, Jumat (19/8) sekitar pukul 16.00 Wita. Akibat kejadian ini,18 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal. Namun,tidak ada korban jiwa.
“Kerugiannya ditaksir ratusan juta rupiah. Karenadari 19 bangunan yang terbakar itu 3 di antaranya juga difungsikan sebagai toko. Semuanyaludes,” kata Camat Muara Pahu Nanang Adriani kepada harian ini, malam tadi.
Dampak lain kebakaran yang terjadi selama 1,5 jam tersebut, juga memutuskan jalan jembatan sekitar 70 meter. Jalan jembatan ini menghubungkan beberapa kampung termasuk warga Kampung Teluk Tempudau dengan Kampung Tanjung Laong, dan pusat pemerintahan kecamatan.
Upaya memadamkan kebakaran, diakuiNanang, sangat sulit. Meski awalnya, api berasal dari sebuah rumah bertingkat di pinggir sungai yang akhirnya terus merambat ke darat. Ini disebabkan, dari 19 rumah yang terbakar itu berkonstruksi kayu,ditambah saat kebakaran terjadi angin kencang.
Upaya pemadaman sudah dilakukan sekuat tenaga oleh ratusan warga menggunakan beberapa unit alkon (mesin pompa air, Red), dan dibantu juga alkon tugboat yang bersandar di pinggir sungai.
Tiga unit mobil pemadam kebakaran (PMK) milik PT Gunungbayan Pratamacoal (GBPC)menyusul kemudian.Namun karena jauhnya lokasi,3 mobil PMK tiba ketika api mulai mengecil. Ditambah lagi, tidak mendukungnya sarana jalan untuk dilintasi mobil PMK ke lokasi kebakaran.
Para korbanuntuk sementara bergabung di rumah keluarga. Sehingga pemondokan khusus para korban tidak dilakukan. Keperluan mendesak sekarang, adalah sembilan bahan pokok, selimut, dan pakaian, karena banyak para korban yang tidak sempat menyelamatkan harta bendanya,termasuk pakaian.
“Kami juga sudah laporkan kepada Pemkab Kubar melalui Wakil Bupati.Karena Beliau (Didik Effendi, Red) masih di Jakarta, dalam waktu dekat ini akan turun ke lokasi kebakaran,” sebutnya.
Upaya bantuan, Nanang mengatakan, segera rapat untuk mencari donatur membantu korban. “Yang pasti, kami akan meminta bantuan comdev dari perusahaan-perusahaan,” katanya.
Terpisah, Kapolres Kubar AKBP RY Wihastono Yoga Pranoto melalui Kapolsek Muara Pahu AKP Bambang Suwito mengatakan, rumah terbakar mencapai 18 unit dari 17 pemilik.  “Karena ada seorang korban memiliki 2 rumah,” kata  Bambang. Data ini berbeda dengan data yang disampaikan Camat Muara Pahu Nanang Adrianiyang menyebut bangunan yang terbakar 19.
Penyebab kebakaran, Kapolsek mengatakan, masih diselidiki. “Kami usahakan besok (hari ini, Red.) beberapa saksi dimintai keterangan,” kata Bambang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar