Minggu, 28 Agustus 2011

...Pawai Malam Takbiran Lintasi Tiga Kecamatan, Dilepas Bupati Kubar...


SALING KOORDINASI: Peserta rapat pawai malam takbiran mengikuti dengan serius penjelasan tentang ketentuan pawai.
SENDAWAR - Seperti tahun-tahun sebelumnya, para peserta pawai malam takbiran Idulfitri 1432 Hijriyah di Kutai Barat (Kubar) dilarang membawa apalagi membunyikan petasan/mercon, karena bisa berdampak fatal bagi orang lain.
Larangan ini dibahas dalam pertemuan yang dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Didik Effendi di Ruang Diklat lantai 3 Kantor Bupati Kubar, Jumat (26/8) kemarin. Hadir dalam pertemuan ini Ketua Panitia Hari Besar Islam Kubar Imansyah Said, dan sejumlah pejabat lainnya.
Larangan lainnya yang wajib ditaati peserta pawai malam takbiran, dipaparkan Didik Effendi, para peserta takbiran yang bersepeda motor wajib memakai helm standar. Mereka pun dilarang membuka saringan knalpot, hingga mengeluarkan suara yang memekakkan telingga. Kemudian, dalam berkendaran peserta dilarang mendahului kendaraan di depannya karena bisa berdampak kemacetan. “Semua peserta juga tidak boleh membawa atau membunyikan petasan atau mercon,” tegas Didik Effendi.
Berikutnya, peserta menggunakan roda empat yang membawa pengeras suara diminta tidak mengeluarkan suara pada upacara pembukaan malam takbiran oleh Bupati Kubar Ismail Thomas.
Agar lalu lintas berjalan lancar Didik Effendi meminta Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kubar dan Polres Kubar agar menjaga setiap tikungan/belokan yang akan dilewati peserta pawai. “Diminta juga memblokir jalan, demi kelancaran pawai malam takbiran,” terangnya.
Rute pawai diperkirakan menempuh perjalanan 40 km. Titik start di halaman depan kantor Bupati Kubar, melintasi rumah dinas jabatan bupati, wabup, mengarah ke Jalan Sendawar Raya dan belok ke jalan Gajah Mada Barong Tongkok. Kemudian, arah Busur, turun ke Jalan Mawar atau RSUD HIS, Sekolaq Darat, Srimulyo, Jalan Fatimura atau epan SMAN 1 Melak, Jalan Kihajar Dewantara dan belok ke kiri Jalan A Yani, Jalan Kapten Tendean, Jl Gunung  Aji, Jalan Gajah Mada, lalu kembali/finish di perkantoran Pemkab Kubar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar