Minggu, 28 Agustus 2011

...Bupati Akhiri Safari Ramadan Melak...

Sehari setelah ke Masjid Baiturrahim Barong Tongkok, Bupati Kubar Ismail Thomas kembali melakukan safari Ramadan di Masjid Al Hidayah Kampung Melak Ulu, Kecamatan Melak, Kamis (25/8), kecamatan terakhir safari Ramadan oleh Pemkab Kubar tahun ini.
Bupati Kubar Ismail Thomas di hadapan ratusan muslim di Melak mengatakan, peran keimanan dalam masyarakat Kubar yang multikultur akan sangat penting. Dengan iman atau agama, kita mampu berdampingan, beriringan penuh rasa saling menghormati dan sempekat atau mufakat, terutama dalam dialog dan kerja sama tanpa menyulut berbagai perbedaan.
Pemkab periode 2011-2016 sangat menyadari, iman adalah landasan bagi kehidupan bersama yang saling berdampingan, dan merupakan syarat bagi pelaksanaan berbagai program pembangunan menuju Kubar yang Semakin Sejahtera, Cerdas, Sehat dan Produktif Berbasiskan Ekonomi Kerakyatan.
“Pemkab Kubar sangat menghormati, memperhatikan dan mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan, yang didukung langsung setiap tahunnya melalui alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” ungkap bupati.
Pertemuan seperti ini, kata dia, akan menjadi sebuah momen yang berkesan, dan diharapkan member dampak yang baik terhadap perkembangan pembangunan Kubar, khususnya di kawasan Kelurahan Melak Ulu dan Melak Ilir.
Ibadah puasa, sambungnya, adalah proses penyucian dan pembersihan diri. Dengan demikian, nantinya Hari Raya Idulfitri merupakan, Hari Raya Kemenangan bagi umat yang telah melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh.
Bisa dikatakan, menurutnya, Idulfitri merupakan momentum baru bagi fitrahnya seseorang untuk mengawali kehidupan yang lebih baik lagi dari hari-hari sebelumnya. Dalam suasana semacam inilah hendaknya ibadah puasa dimaknai, agar berdampak pada terciptanya kehidupan masyarakat Kubar yang harmonis dan kondusif.
“Sebab bagaimanapun juga, kehidupan iman selalu berdimensi sosial. Iman harus dipraktikkan dalam kehidupan nyata, sehingga menjadi sempurna,” ujar bupati.
Di sela-sela acara, bupati menyerahkan bantuan dana konsumsi safari Ramadan sebesar Rp 5 juta diterima Sekretaris Camat Melak H M Japar, dan diakhiri buka puasa bersama.
Hadir pula dalam kegiatan itu Wakil Bupati Kubar Didik Effendi, Sekretaris Kabupaten Aminuddin, Kapolres Kubar AKBP RY Wihastono Yoga Pranoto, Dandim 0912 Kubar Letkol M Zulkifli, dan sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar