Kamis, 14 Juli 2011

Ajak Warga Berperan Kembangkan Koperasi

Menjadi kebanggaan tersendiri bagi Bupati Ismail Thomas dan Pemkab Kubar, selama 2006-2011  berhasil membangun 788 koperasi serta memberikan penyertaan modal kepada koperasi Rp 56 miliar. Bahkan menjadikan Kubar sebagai Kabupaten Koperasi.
Bupati mengatakan, seluruh masyarakat siapapun orangnya, selain berpartisipasi, juga  harus menangkap niat baik Pemerintah Kubar untuk dengan jujur dan transparan menjalankan koperasi, sebagai upaya mensejahterakan masyarakat.
Ditambahkan bupati, periode pertama kepemimpinannya antara lain  fokus membangun koperasi di setiap kecamatan dan kampung. Pada periode kedua ini Bupati berupaya melalui dinas terkait tetap memberikan penyertaan modal setiap tahun kepada koperasi yang berprestasi. Tahun 2011 Pemkab Kubar mengalokasikan dana Rp 7 miliar sebagai penyertaan modal.
Selanjutnya dikatakan bupati, untuk mempermudah pendirian kopersi Pemkab Kubar sudah menggratiskan akta pendirian, serta  memberikan penyertaan modal yang membuktikan niat dan perlakuan pemerintah untuk mendorong masyarakat aktif menjalankan koperasi. Tujuannya mendorong kesejahteraan masyarakat.
Dukungan Pemkab Kubar  sudah sangat jelas dalam Peraturan Kampung, di mana setiap kampung dan kecamatan diberi hak otonom untuk mengelola ekonominya. Dengan adanya koperasi, kampung memiliki wadah untuk berusaha yang legal. Mulai tahun 2011 Pemkab Kubar menyebarkan para konsultan di sebelas kecamatan, kemudian akan ditambah lagi agar di setiap kecamatan  ada konsultannya.  Tujuan adanya konsultan untuk membantu pengelola koperasi sehingga koperasi bisa berjalan dengan baik serta bermanfaat bagi masyarakat. Karena kegunaan koperasi yang pertama adalah kebaikannya bagi masayrakat, baru keuntungannya.
Pemkab Kubar menempatkan para konsultan di setiap kecamatan untuk melihat masukan-masukan dalam mengembangkan koperasi tersebut, di mana laporan tersbut juga akan disampaikan melalui dinas terkait kepada Bupati. Laporan tersebut sebagai instrumen untuk mengevaluasi koperasi-koperasi yang ada untuk meningkatkan kulitasnya. Sehingga hanya koperasi yang berkualitaslah yang akan diberikan penambahan penyertaan modal. Jika tidak berprestasi maka tidak akan diberikan penyertaan modal.
Kenapa Kubar gigih membangun koperasi? Bupati mengatakan, pertama memberi manfaat bagi masyarakat, karena Pemkab ingin mendorong masyarakat menjadi enterpreneur. Jangan hanya mau jadi karyawan, tetapi juga memiliki jiwa kewirausahaan yang ulet dan tangguh.
Bupati memaparkan, yang paling diutamakan karena sudah banyak koperasi adalah kualitas. Oleh sebab itu Pemkab menyebarkan para konsultan koperasi di 11 kecamatan, kemudian nanti menambah lagi konsultan di 10 kecamatan agar koperasi di setiap kecamatan dan kampung bisa berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar