Senin, 18 Juli 2011

Jaga Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Gotong Royong

Agenda kegiatan Karya Bakti Tentara Nasional Indonesia yang digelar Korem 091 Aji Surya Nata Kusuma di mata Bupati Kubar Ismail Thomas ternyata memiliki semangat nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara yang patut dijaga. Semangat itu katanya adalah semangat kesatuan, kebangsaan dan gotong royong.
Ia mengatakan, selain agenda karya bakti, sekaligus digelar peresmian Pasar Suka Makmur di Kampung Suko Mulyo, serta syukuran terpilihnya bupati dan wakil bupati Kubar untuk periode tahun 2011-2016.
“Kegiatan ini memiliki tiga agenda sekaligus, yaitu agenda TNI masuk kampung melalui kegiatan karya bakti. Lalu ada peresmian pasar Sukomulyo serta satu lagi sesuai permintaan masyarakat, yaitu pengucapan syukur atas keberhasilan saya dan Pak Didik terpilih kembali,” kata Ismail Thomas.
Menurutnya, ketiga kegiatan ini pada hakekatnya selaras satu sama lain, yaitu pertama bakti karya TNI merupakan niat mulia aparat TNI untuk berbakti kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan. Kedua, peresmian pasar yang merupakan kerja sama seluruh pihak mulai tingkat pusat, propinsi hingga daerah dan tingkat kampung. Ketiga, syukuran terpilihnya kembali dirinya dan wakil bupati Kubar H Didik Effendi untuk periode kedua karena dukungan warga Kubar.
“Bakti Karya ini adalah implementasi dari Pancasila karena di dalamnya ada nilai gotong royong TNI dan masyarakat, TNI yang melaksanakan pekerjaan dan masyarakat juga membantu bekerjasama. Kemudian peresmian pasar yang merupakan kerja sama seluruh pihak yaitu pemerintah pusat dan daerah. Ketiga, terpilihnya kami berdua juga karena didukung semangat gotong royong warga,” sebutnya.
Bupati lantas mencontohkan, suatu keberhasilan tidak dapat dicapai tanpa ada sumbangsih pihak lain.  “Keberhasilan memperoleh penghargan Satyalancana di bidang koperasi juga tidak akan dicapai pemerintah Kubar jika semua pihak tidak saling mendukung dengan bergotong royong membangun Kubar kearah lebih baik. Ini merupakan suatu kebanggaan karena Kubar satu-satunya kabupaten peraih penghargaan Satyalancana Pembangunan dari Presiden,”jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar