Rabu, 27 Juli 2011

Berpeluang Berperan bagi Indonesia...

Dengan berbagai penghargaan di bidang koperasi yang diperoleh, Kubar memiliki kesempatan berkiprah bagi ekonomi Indonesia. Diharapkan generasi muda Kubar memanfaatkan momen itu  dengan mengubah pola pikir mencari pekerjaan menjadi pencipta pekerjaan. Generasi  yang  memiliki visi kedepan untuk dapat memperluas usahanya di bidang koperasi dan UKM (usaha kecil menengah) dengan mengembangkan usaha baik inovasi dan kreativitas.
Hal tersebut diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM DR Sjarifuddin Hasan MM MBA pada saat menghadiri peringatan HUT ke-64 Koperasi tingkat Kaltim di Plasa 12 Kompleks Perkantoran Pemkab Kubar, Senin (25/7). Ditambahkan Sjarifuddin Hasan, Kubar merupakan salah satu kabupaten yang paling terdepan dalam membangun koperasi di Indonesia.  Di antara 788 koperasi di Kubar terdapat peningkatan koperasi yang aktif di atas 45 persen. Ini menunjukkan peningkatan jumlah koperasi dan aktivitas koperasi secara presentase di seluruh Indonesia, Kubar memberikan kontribusi yang besar. “Ditambah dengan tingkat pertumbuhan  ekonomi 6,9 persen, di mana nasional hanya 6,5 persen,” katanya.
Sementara itu, Gubernur Kaltim H Awang Faraouk Ishak mengatakan, HUT Koperasi ini akan menjadi semangat untuk memajukan perkoperasian untuk bangkit menjadi suatu kekuatan perekonomian masyarakat yang tangguh dan handal di tengah persaingan global. “Kaltim telah mencanangkan untuk menjadi  provinsi koperasi, saat ini sudah 8 kabupaten kota dan salah satunya Kubar yang berhasil dalam menggerakkan koperasi,“ ujarnya.
Faraoek Ishak menambahkan Kaltim dari tahun ketahun mengalami peningkatan koperasi,  dari  2008 sebanyak 3.828 unit dan 2010 mencapai kenaikan menjadi  5.517 unit dengan anggota 390.348 orang. “Kenaikan ini dipacu dengan adanya kebijakan dan kemudahan bantuan permodalan yang disediakan oleh pemerintah daerah dan terbukanya peluang usaha di sektor perkebunan, pertanian, dan perikanan yang mensyaratkan kemitraan dengan koperasi. Ini juga diharapakan terwujudnya koperasi yang berkualitas,“ terangnya.
Bupati Kubar Ismail Thomas SH M Si dalam sambutannya mengatakan Pemkab Kubar berkomiten mejadi pusat pertumbuhan koperasi. Tercermin melalui visi membangun Kubar yang semakin sejahtera, cerdas, sehat dan berproduktif, berbasiskan ekonomi kerakyatan yang soko guru utamanya koperasi dan UKM.
Bupati menambahkan, setiap kampung memiliki rata-rata 2 koperasi dan 6 kelompok tani dan nelayan yang semua dibantu dlam bentuk penyertaan modal dan hibah. Dan diharapkan dapat menjangkau setiap kelompok masyarakat dimana untuk menyanggah perekonomian di setiap kampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar