Selasa, 26 Juli 2011

#...Panen Raya di Jambuk Makmur...#

Sepuluh dari  45 hektare sawah  Kampung Jambuk Makmur, Kecamatan Bongan dilakukan panen raya yang juga dihadiri Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Minggu (24/7).
Menurut Wakil Bupati Kubar Didik Efendi, Kecamatan Bongani merupakan palang pintu jika masuk ke Kubar dari Kutai Kartanegara. Kecamatan Bongan ini memiliki beberapa kampung dengan berbagai macam suku. “Kita bersyukur Bongan sebagai daerah swasembada beras. Artinya Kecamatan Bongan tidak membeli beras di daerah lain. Kami  melaporkan, di Bongan juga ada beberapa kebun sawit dan lain-lain,” sebut Didik Effendi.
Sementara itu, Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kampung Jambuk Makmur Kecamatan Bongan Lasto mengungkapkan, lahan  yang dipanen kali ini  10 hektare. “Karena ini adalah musim timuran (kemarau) maka hasil panen berdasarkan ubinasi rata-rata 3,5 ton/hektare,” ungkapnya.
Bersama dengan acara panen raya ini, Gubernur Kaltim menyerahkan bantuan secara simbolis berupa 1 ton pupuk urea dari PT Pupuk Kaltim, 1 Paket Pestisida dari Dinas Pertanian Prov Kaltim, 600 kg Benih Padi Unggul nasional dari PT Sang Hyang Seri, 2 unit hand sprayer dari Dinas Pertanian Kaltim, dan 1 unit traktor dari Dinas Pertanian  Kaltim.
Kemudian dalam rangka pengembangan ternak sapi di masyarakat Gubernur Kaltim juga memberikan bantuan ternak sapi sebanyak 30 ekor secara simbolis kepada kelompok tani di Jambuk Makmur.
Mendampingi Gubernur Kaltim, adalah Wagub Kaltim dan Wabup Kubar, Kepala Bappeda Kaltim DR.Ir.H. Rusmadi MS. Kepala Dinas Tanaman Pangan Kaltim Ir Eddy Haflin MM mengatakan, kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pertanian Provinsi, bahwa SKPD Pertanian Kubar khususnya di Kampung Jambuk Makmur, Kecamatan Bongannya sejak tahun 2010 sudah bersiap-siap  menerima rombongan Gubernur namun tertunda.
“Alhamdulillah pada hari Minggu ini (24/7)  bisa terlaksana, jadi utang dari pihak provinsi sudah lunas,” ungkapnya. Untuk Kubar, khususnya Bongan total produksi per tahun mencapai 30 ribu ton. “Yang sangat menggembirakan khususnya untuk Kubar, setiap tahun rata-rata ada kenaikan produksi sekitar 18 persen khusus untuk padi sawah. Namun yang dikhawatirkan yaitu produksi padi ladangnya sedikit menurun sekitar 7 persen, meski masih ada plus 11 persen,” terangnya.
Ia juga mengungkapkan untuk panen raya kali ini, Kelompok Tani Jambuk Makmur mempunyai luas area 120 hektare. Namun yang  tersisa untuk dipanen rombongan gubernur 45 hektare.   Gubernur uga memberikan bantuan peralatan pertanian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar