Kamis, 14 Juli 2011

Dahlan Iskan ( Diut PLN PUsat )...Senang Jalan 2 Jalur di Kubar, Tapi Sedih Tak Berlampu

Pembangkit listrik tenaga gas batu bara (PLTGBB) di Kampung Melak Ulu, Kecamatan Melak, Kutai Barat (Kubar), telah diujicobakan di depan Direktur Utama PT PLN Dahlan Iskan, Senin malam (11/7).  Meski demikian, normal beroperasinya masih memerlukan waktu beberapa bulan kedepan.
“Kalau kata CDN (PT Cipta Daya Nusantara, Red)  yang membangun PLTGBB ini akan beroperasi satu bulan lagi. Tapi kalau perkiraan saya tiga bulan lagi baru PLTGBB ini akan beroperasi normal,” kata Dahlan Iskan ketika ditemui harian ini saat kunjungan ke Kubar, Selasa (12/7) kemarin.
Orang nomor satu di PLN ini datang ke Kubar bersama istrinya Nafsiah dan para direksi PLN. Dahlan mengaku selama dua hari di Kubar, tiga kali meninjau langsung PLTGBB.
“Yang diujicobakan baru 1 unit mesin kapasitas 400 KW. Kata pihak CDN, 21 unit mesin dengan kapasitas yang sama itu sudah bisa dioperasikan semuanya,” terang dia.
Dari total 22 unit mesin PLTGBB, kata dia, akan menghasilkan daya listrik 8 Megawatt (MW). Namun yang akan disalurkan kepada PLN adalah 6 MW.
“Jadi 1 unit mesin 400 KW itu hanya 300 KW yang akan dioperasikan maksimalnya. Bertujuan, agar mesin beroperasi lebih awet,” katanya.
Dahlan juga menyinggung soal sikap PT PLN yang sempat memutuskan kerja sama dengan PT CDN. Ini disebabkan, keterlambatan PT CDN dalam pelaksanaan pembangunan PLTGBB di Kubar.
Hal lain, Dahkan Iskan juga mengakui melihat pembangunan jalan dua jalur yang menghubungkan pusat perkantoran di Barong Tongkok ke Melak sangat baik. Namun dia mengaku sedih karena tidak ada lampu penerang badan jalan.
“Untuk memulai program itu, saya membantu 5 buah lampu tenaga surya. Ini setara dengan 200 watt,” kata Dahlan Iskan. Lampu ini tanpa menggunakan tenaga listrik tapi tenaga matahari, sehingga sangat hemat. Ditargetkan sebelum Ramadan, lampu ini sudah dipasang dan menyala. Untuk kelanjutannya, dia berharap  Pemkab Kubar meneruskannya.
Terpisah, Bupati Kubar Ismail Thomas menyambut baik kehadiran Direktur Utama PT PLN Dahlan Iskan ke Kubar, sekaligus meninjau langsung PLTGBB. Bupati juga sangat menaruh harapan yang sangat tinggi, agar PLTGBB ini bisa beroperasi dengan cepat.
“Karena kebutuhan akan listrik di Kubar sangat tinggi,” kata Ismail Thomas yang berhalangan menyambut kedatangan Direktur Utama PLN beserta rombongan di Kubar, karena sedang menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan yang diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, Selasa (12/7) kemarin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar