Senin, 25 Juli 2011

Tempatkan 21 Konsultan di Kecamatan

Sebanyak 30 pengurus koperasi dari Kecamatan Barong Tongkok, Damai, Long Iram, Tering, Linggang Bigung, dan Sekolaq Darat mengikuti temu solusi pelaksanaan program pembiayaan bagi koperasi penerima dana bergulir di ruang pertemuan lantai 3 Kantor Bupati Kubar, Jumat (22/7) kemarin.
Narasumber dari Disperindagkop dan UMKM Kaltim, Disperindagkop dan UKM Kubar serta Issac Adrian Domili mewakili manajemen dari BPD Cabang Melak.
Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) pada Disperindagkop dan UKM Kubar Rohenson yang membuka kegiatan tersebut  mengatakan, kegiatan ini merupakan pembinaan koperasi sehingga semakin maju dan berkualitas.
Meski Kubar menoreh salah satu prestasi Koperasi terbaik nasional, kata dia, namun Kubar tetap melakukan pembinaan secara berkelanjutan. Karena dengan majunya koperasi, otomatis akan terwujud masyarakat Kubar yang makmur.
Upaya lainnya, Kubar sudah menempatkan 21 penyuluh koperasi/konsultan di masing-masing kecamatan. “Keberadaan konsultan koperasi itu pengurus koperasi dapat berkoordinasi apabila mengalami kesulitan,” katanya.
Sementara itu, Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltim H M Djailani melalui Kepala Seksi Kelembagan Koperasi pada Disperindagkop dan UMKM Kaltim Ramli menerangkan, tujuan kegiatan ini untuk mengetahui sejauhmana perkembangan dana bergulir yang ada di Kubar.
“Kegiatan ini dapat diidentifikasi permasalahan dan kendala dalam pengembalian dana bergulir dalam rangka penyusunan nilai realisasi bersih (NRB) penyaluran dana bergulir,” kata Ramli.
Seperti diketahui penyertaan modal koperasi yang dikucurkan oleh Pemkab Kubar dari tahun 2007-2010 sebesar Rp 56,82 miliar. Yang diberikan penyertaan modal adalah 548 koperasi dari 788 koperasi se-Kubar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar