Kamis, 28 Juli 2011

Koran Bekas Jadi Tempat Tisu dan Bingkai Foto...

Kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, dibuktikan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kubar dengan memberikan pelatihan keterampilan kepada ratusan istri Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Kubar. Yakni untuk memanfaatkan sampah berupa koran bekas  menjadi barang yang bernilai ekonomis.
Dalam pelatihan tersebut para peserta khusus diajarkan membuat tempat tisu dan cup lampu dan semua bahannya dari koran bekas. Termasuk juga membuat tempat bunga, tempat sampah, bingkai foto, miniatur rumah, serta berbagai hiasan lainnya.
Pelatihan  di gedung Tanaa Purai Ngeriman komplek perkantoran Pemkab Kubar, Selasa (26/7) tersebut terlaksana DWP Kubar kerja sama Forum Komunitas Peduli Lingkungan Kabupaten Kutai Timur, Badan Lingkungan Hidup, dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kubar. Turut hadir perwakilan Persit Kartika Chandra Kirana.
Ketua DWP Kubar Iche Lastri Marthan mengatakan, pelatihan tersebut juga bertujuan untuk membantu pemerintah daerah untuk menjaga lingkungan, karena sampai saat ini Kubar belum memiliki  Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sehingga dengan pelatihan tersebut para anggota DWP bisa memanfaatkan sampah untuk diolah kembali, dengan demikian lingkungan bisa tetap bersih.
“Agar seluruh peserta bisa menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dalam pelatihan di kehidupan sehari-hari, sehingga ilmu yang didapat bisa bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat dan lingkungan,” katanya.
Ia juga mengharapkan kepada seluruh anggota DWP yang mengikuti pelatihan agar bisa mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya, untuk menunjang penghasilan keluarga dan meningkatkan ilmu pengetahuan para istri PNS. Selain  bisa menyalurkan hobi dan bakat, juga  bisa membuka usaha bagi menambah pendapatan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar