Jumat, 08 Juli 2011

Tata Tertib Lantas Jadi Kurikulum

Rencana Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kubar dan  Dinas Pendidikan Kubar memasukan mata pelajaran tentang lalu lintas (lantas) ke dalam kurikulum sekolah semua tingkatan, mendapat respon positif dan dukungan para guru dan orangtua siswa.
Kepala SMK Sinar Abadi Melak H Awang Suriansyah SPd mengatakan, pihaknya sangat senang dengan akan adanya mata pelajaran ini. Hal ini sangat membantu memberikan pemahaman, arahan dan manfaat. Baik bagi pelajar maupun  guru. Dengan adanya pemahaman ini, ke depan diharapkan kecelakaan lalulintas yang menimpa pelajar bisa menurun.“Karena saya lihat sendiri di jalan raya, kebut-kebutan sering dilakukan  para remaja saat pulang sekolah,” kata Awang ketika ditemui harian ini di kantornya, Kamis (7/7) kemarin.
Awang menambahkan, pola pengawasan terhadap siswa atau anak-anak  perlu ditingkatkan,   didukung pengawasan orangtua di luar jam sekolah.
Terpisah, Wakil Ketua Kesiswaan SMA Negeri I Sendawar Drs Agus Dwardjo mengatakan sangat mendukung rencana kurikulum tentang lantas, karena pelajaran tersebut bisa memotivasi para pelajar bagaiman etika atau tata cara berlalu lintas yang benar. “Agar  tidak ada lagi para pelajar yang bermotor sembarangan atau kebut-kebutan di jalan,” kata Agus Dwardjo di kantornya di Jalan Pattimura Melak Ulu Kecamatan Melak, Rabu (6/7).
Orangtua siswa SMK Negeri I Sendawar Hamdani mengatakan, dengan mata pelajaran tadi selain menambah pemahaman dan pengetahuan  tentang peraturan dan tata tertib lalu lintas, juga bisa mengetahui secara dini apa saja yang perlu dilengkapi. Baik kendaraan maupun orangnya saat berkendaraan.
“Jadi kita sebagai orangtua tidak begitu resah dan khawatir lagi terhadap anak-anak kita. Karena anak-anak sudah diberikan pemahaman tentang tertib berlalu lintas. Meski demikian kita sebagai orangtua jangan terlena begitu saja. Pengawasan terhadap anak kita tetap selalu di utamakan, apalagi alat pengaman saat berkendara seperti helm,” ujar Hamdani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar