Minggu, 31 Juli 2011

"...Pemkab Bangun Lagi 65 Rumah Layak Huni..."

TAK MAMPU: Gubernur Awang Faroek (kanan) dan Bupati Ismail Thomas (ketiga kiri) berdialog dengan warga yang mendapatkan RLH.
SENDAWAR – Pemkab Kubar pada  2010 telah membangun 85 rumah layak huni (RLH) di Kecamatan Melak, Barong Tongkok dan Linggang Bigung. Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak yang menghadiri acara Hari Ulang Tahun ke-64 Koperasi tingkat Kaltim, bersama Bupati Kubar Ismail Thomas  meninjau RLH tersebut  di Kampung Gemuhan Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Senin (25/7).
Penyediaan RLH  berlanjut tahun ini dengan dibangunnya 65 unit di Kecamatan Sekolaq Darat dan Linggang Bigung, lagi. Fasilitas RLH ini masing-masing  ruang tamu, ruang tidur, dapur, dan ruang mandi cuci kakus (MCK).
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (BPMPK) Kubar Imansyah Said mengatakan, pembangunan RLH atau bedah rumah ini yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kaltim dengan sumber dana APBD Kaltim membangun di atas tanah penduduk sendiri. “Dengan ukuran rumah 30 meter persegi atau 5 kali  6 meter. Untuk satu rumah dialokasikan dana Rp 30 juta,” kata Imansyah Said.
Dia menerangkan, Kubar yang meliputi 21 kecamatan, sasaran utama pembangunan RLH  pada  2010 adalah di Kecamatan Melak, Barong Tongkok, dan Linggang Bigung  dikarenakan di kawasan tersebut paling banyak perbaikan. “Jadi DPU Kaltim bekerjasama BPMPK Kubar tidak sembarang membangun. Karena ada kriteria khusus  di mana rumah warga tersebut mendapat program perbaikan,” terangnya.
Warga yang rumahnya dibangun kategori warga miskin. Paling penting lagi, karena rumahnya memang tidak layak huni, sertifikat kepemilikan rumah pun harus jelas. Agar dalam pelaksanaan perbaikan tidak ditemukan kendala.
Ditambahkan Kasubid Sarana dan Prasarana Kampung BPMPK Burhanuddin, dari 85 RLH  pada 2010, untuk   Kecamatan Melak 1 RLH, Barong Tongkok meliputi 46 RLH dan  Kecamatan Linggang Bigung 38 unit.
 Imansyah Said mengatakan, “bedah rumah” ala Pemkab  ini sesuai keinginan pemerintah agar kawasan ini juga lebih maju dan  meningkatkan taraf hidup warga dari segi kebutuhan papan.
Rombongan yang ikut meninjau antara lain Wakil Gubernur Farid Wadjdy, Wakil Ketua DPRD Kaltim Marten Apui,  Wakil Bupati Didik Effendi, Ketua DPRD FX Yapan,  Ketua TP PKK Kubar Lucia Mayo Thomas, Plh Sekkab Kubar Aminuddin, dan sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Kubar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar