Selasa, 26 Juli 2011

Tiga Koperasi Raih Terbaik, BMT Muamalah Beromset Rp 1,4 M...

Hari Ulang Tahun ke-64 Koperasi tingkat  Kaltim yang digelar di plasa perkantoran Pemkab Kubar, Senin, (25/7) juga diisi penyerahan penghargaan kepada beberapa koperasi terbaik se-Kubar oleh Bupati Ismail Thomas.
Beberapa koperasi terbaik itu adalah Koperasi Serba Usaha (KSU) BMT Muamalah Kampung Melak Ulu Kecamatan Melak, KSU Etam Manunggal Kampung Penyinggahan Ilir Kecamatan Penyinggahan, dan Koperasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sejahtera kampung Gunung Rampah kecamatan Mook Manaar Bulatn. Selain piagam penghargaan, ketiga koperasi tersebut juga menerima penyertaan pembiayaan dari pemerintah masing-masing Rp 75 juta.
Di temui di sela-sela acara, Rahmat Nur Hidayat manajer KSU BMT Muamalah  senang koperasinya menerima penghargaan tersebut dan mengakui bahwa koperasi sangat potensial dikembangkan di Kubar. “Ini terbukti dari banyaknya warga yang ingin meminjam di koperasi. Sampai-sampai kami kewalahan karena modal terbatas. Untungnya ada penyertaan pembiayaan dari pemerintah ini,” katanya. Ia menjelaskan saat ini omset KSU yang dipimpinnya sudah Rp 1,4 miliar dengan nasabah  banyak  dari Pasar Olah Bebaya Melak.
Senada, M Wahid Ketua KSU Etam Manunggal mengatakan dana yang diterima dari pemerintah akan digunakan untuk menambah modal. “Kami senang karena pertama kali menerima pembiayaan ini. Kami berharap pemerintah bisa terus memberikan perhatian kepada koperasi melalui motivasi dan pembinaan sekaligus penyertaan modal,” ujarnya. Koperasi yang dipimpinnya berdiri sejak tahun 2005 dan memiliki anggota sebanyak 155 orang.
Selain penghargaan koperasi terbaik, bupati juga menyerahkan penghargaan untuk kategori industri terbaik, tokoh koperasi, Usaha Kecil dan Menengah terbaik, serta Modal penyertaan dan Dana Bergulir.
Sementara itu Menteri Koperasi dan UKM Syarifudin Hasan MM MBA menyerahkan bantuan sosial program Kementrian Koperasi dan UKM serta dana bergulir dari lembaga pengelola dana bergulir koperasi dan UKM kepada penerima yang berasal dari Kubar, Kutai Kartanegara, dan Balikpapan.
Tak ketinggalan pula Gubernur Kalimantan Timur Dr Awang Farouk Ishak menyerahkan secara simbolis bantuan komputer bagi koperasi berprestasi.
Juga diserahkan Kredit Usaha Rakyat, Kredit Perikanan sejahtera, dan Pembiayaan koperasi secara simbolis oleh para pimpinan perbankan,  di antaranya  Dirut  BPD Kaltim Zainuddin Fanani kepada sejumlah warga. (hms31/ss)

Penghargaan Koperasi Terbaik
NAMA                               LEMBAGA                               ALAMAT
Rahmat Nur Hidayat     KSU BMT Muamalah         Kampung Melak Ulu Kecamatan Melak
M Wahid                      KSU Etam Manuggal           Kampung Penyinggahan Ilir Kecamatan Penyinggahan
Emiati                           Koperasi PKK Sejahtera     Kampung Gunung Rampah Kecamatan Mook Manaar Bulatn
 
Penghargaan Industri Terbaik
NAMA                    JENIS INDUSTRI     ALAMAT
Yohanes Nyorong     Kulit Kayu                 Kampung Kelumpang Kecamatan Mook Manaar Bulatn
Aina                         Ulap Doyo                 Kampung Tanjung Isuy Kecamatan Jempang
Rosalina Supina         Rotan                        Kampung Pepas Eheng Kecamatan Barong Tongkok

Penghargaan Tokoh Koperasi
NAMA            ALAMAT
Robinus          Kampung Melak Ulu Kecamatan Melak
Sri Upami       Kampung Penyinggahan Ilir Kecamatan Penyinggahan
Burhan           Kampung Gunung Rampah Kecamatan Mook Manaar Bulatn

Penghargaan Usaha Kecil Menengah Terbaik
NAMA                     ALAMAT
Alex Pangga         Kampung Gesaliq Kecamatan Barong Tongkok
Jeniati                   Kampung Linggang Bigung Kecamatan Linggang Bigung
Hapriadi               Kampung Melak Ilir Kecamatan Melak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar